Apa Saja Dua Hal yang Dikhawatirkan Ali bin Abi Thalib ?

panjang angan angan dan menuruti hawa nafsu

panjang angan angan dan menuruti hawa nafsu

Jauh sebelum kita lahir di muka bumi ini. Ali bin Abi Thalib sudah mengkhawatirkan keadaan kita, umatnya Rasulullah SAW. Apa saja yang dikhawatirkan oleh Ali bin Abi Thalib? Yuk dibaca dan diresapi Nasehat dari Ali bin Thalib berikut ini.

Dari Amirul Mu’minin Ali Bin Abi Thalib, diriwayatkan bahwa ia berkata. “Sesuatu yang sangat aku khawatirkan atas kamu adalah dua hal, yaitu panjang angan-angan dan menuruti hawa nafsu, karena sesungguhnya panjang angan-angan itu dapat melalaikan akhirat, dan menuruti hawa nafsu dapat menyimpang dari kebenaran.”

Inilah sifat yang dikhawatirkan oleh Ali bin Abi Thalib, panjang angan-angan dan selalu mengikuti hawa nafsu. Yang dimaksud panjang angan-angan adalah terlalu tinggi khayalannya sehingga melupakan yang nyata. Ambisinya sangat tinggi sehingga ia merasa bahwa dunia ini abadi. Dan saat apa apa yang diangankan tidak tergapai, maka ia akan segera terpuruk dan depresi hingga titik yang terdalam.

Panjang angan-angan itu buruk, kenapa? Karena yang dipikirkan hanyalah kehidupan duniawi. Padahal,sebesar apapun ambisi duniawi, setinggi apapun angan-angan, ujung dari segalanya adalah meninggal dan kembali kepada Allah. Oleh karena itulah panjang angan-angan harus kita hindari. Berangan-angan boleh asalkan tidak melupakan tujuan akhir yakni kehidupan akhirat.

Mengapa sellau mengikuti hawa nafsu itu buruk? Karena hawa nafsu sering mengarahkan kepada keburukan. Apa yang membuat seseorang terjebak ke lembah perzinaan? Hawa nafsu kan? Hawa nafsu itu bagaikan harimau yang harus selalu dikendalikan. Jika selalu menuruti hawa nafsu maka kita yang akan dikendalikan olehnya. Perbuatan buruk biasanya terjadi karena menuruti hawa nafsu. Maka konsekuensinya jika melakukan hal buruk adalah ketidaknyamanan hidup di Dunia dan balasan di akhirat. Gak mau kan? Oleh karenanya, kendalikan hawa nafsu sebelum dikendalikan hawa nafsu.

Jadi, ingatlah 2 hal yang dikhawatirkan oleh Ali bin Abi Thalib :

  1. Panjang angan-angan
  2. Selalu menuruti hawa nafsu

Sekian, semoga bermanfaat artikel ini, bagi pembaca yang ingin mendukung kegiatan dari Yayasan PAY & Do It ! Silahkan klik DONASI REKENING PECINTA ANAK YATIM . Jazakumullahu Khair KAtsir.

Mau donasi untuk kegiatan PAY & Do IT ? Klik Rekening Donasi PAY | Yuk Kunjungi Album Kegiatan PAY
 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *