5 Hal yang Semua Ayah Harus Tahu

5 hal yang semua ayah harus tahu

Cara Menjadi Ayah Yang Baik Bagi Anak

 

Menjadi seroang ayah bukanlah perkara yang mudah. Bukan hanya bekerja menafkahi keluarga namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan olehnya. Tugas mendidik tidak hanya menjadi tanggung jawab istri saja, suami harus ikut serta bahkan harus berperan besar di dalamnya. Karena anak adalah amanah yang harus dirawat dan dituntun menjadi anak yang soleh.

Dan inilah 5 hal yang semua ayah harus tahu :

1. Pada saat istri hamil, libatkan sebisa mungkin dalam kehamilannya. Dari mulai harapan Anda terhadap anak Anda nanti ketika anak sudah lahir, menghadiri kelahiran anak Anda, dan usahakan merawat bayi mungil anda sejak dari pertama kali ia lahir.

2. Jangan habiskan waktu di tempat kerja. Pulanglah tepat waktu dan sediakan waktu sebelum istirahat untuk bercanda, tertawa, bercerita, dan menonton tv bersama di ruang tamu bersama anak. Ini penting. Jangan pulang ketika anak sudah terlelap tidur.

3. Luangkan waktu untuk memeluk, memegang, atau menggelitik anak untuk memberikan perhatian kepada Anak. Lakukan ini hingga si anak beranjak dewasa.

4. Nikmatilah waktu bersama anak.  Jangan hadir hanya karena tuntutan rasa bersalah pada anak. “Waktu yang berkualitas” hanyalah mitos. Ada sebuah hadis “Anda tidak mungkin mencukupi kebutuhan semua orang dengan hartamu, karenanya cukupilah dengan wajahmu yang gembira dan watak yang baik” (HR Hakim)

5. Libatkan selalu diri Anda ketika akan membuat keputusan bersama anak, mengawasi PRnya dan apa saja yang berhubungan dengan urusan si anak. Ajarkan apa yang belum ia mengerti.

Semoga saja dengan menjadi ayah yang baik akan menjadikan anak kita menjadi jalan menuju surga. Karena anak yang dididik dengan pendidikan ayahnya akan tumbuh menjadi anak yang kuat dan tangguh. Semoga saja anak kita menjadi anak yang berguna bagi dirinya, keluarganya, agamanya dan negaranya. Aamiin

Diolah dari buku : Keajaiban Doa Orang Tua/Karya: Nino Yudiar/Penerbit: Khazanah Intelektual

===========================================================

Bagi pembaca yang ingin mendukung segala #ProgramPAY silahkan klik Rekening Donasi Pecinta Anak Yatim

 

kisah nyata tentang keajaiban doa anak yatim

Buat Mereka Tersenyum

 

Mau donasi untuk kegiatan PAY & Do IT ? Klik Rekening Donasi PAY | Yuk Kunjungi Album Kegiatan PAY
 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *