Jangan Takut Untuk Bilang Tidak!

berani mengatakan tidakSemua ingin menjadi orang yang sukses baik dunia maupun akhirat. Apapun akan dilakukan untuk mencapai itu. Hanya saja, banyak orang yang tidak kuat ketika diberikan sebuah ‘goncangan’. Kita sering kali goyah pada ketidakyakinan dalam diri untuk mencapai kesuksesan.

Ini sering terjadi tiba-tiba dalam hidup. Godaan itu muncul tanpa kita pinta dan terlalu mudah untuk melemahkan kita. Maka dari itu, kita perlu menguatkan kembali niat dan keyakinan kita sendiri, agar pertahanan diri semakin kuat.

Pertama, buatlah sebuah rencana untuk menjalani hidup Anda. Buat secara spesifik, jangan buat yang terlalu umum. Ketika sudah dibuat, maka kewajiban Anda hanya mentaatinya. Dan disinilah, Anda harus membangun benteng kekuatan agar rencana yang telah dibuat dapat berjalan lancar.

Diantara godaan yang merobohkan rencana yang sudah benar-benar kita buat adalah ajakan dari orang lain untuk melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat. Dan terkadang kita pun tidak menyadari akan hal itu. Terlalu sering kita menganggap bahwa tak ada salahnya kita bersenang-senang.

Tahukah Anda, bahwa hal itu hanya akan membuang-buang waktu kita saja. Untuk atasi hal itu, kita harus memberanikan diri untuk katakan “Tidak” pada hal-hal negatif. Seperti ajakan tersebut. Biarlah mereka berkata kita apa pun karena tak mau diajak, yang penting waktu kita untuk meraih kesuksesan tidak diundur hanya karena hal sepele.

Memang terkadang kita merasa tidak enak jika menolak ajakan dari orang-orang terdekat, terutama teman. Tapi, jika kita terus bersikap seperti itu, berarti kita telah menunjukkan bahwa kita rela kesuksesan diundur. Padahal, sukses itu telah menjadi tujuan utama, dan pastinya harus diutamakan.

Oleh sebab itu, kita harus berani berkata “Tidak” pada siapa pun yang sekiranya akan merugikan diri kita sendiri. Apa pun jenisnya, selagi itu memberikan efek negatif terhadap masa depan, waktu dan keluar dari rencana hidup, maka kita harus bersikap gentle. Katakan tidak untuk hal-hal negatif yang menganggu perjalanan menuju kesuksesan. []

Mau donasi untuk kegiatan PAY & Do IT ? Klik Rekening Donasi PAY | Yuk Kunjungi Album Kegiatan PAY
 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *