Pecinta Anak Yatim

PAY & Do IT!!” [Pecinta Anak Yatim & Doeafa Indonesia Tercinta] adalah sebuah gerakan membangun semangat berbagi anak negeri tanpa birokrasi untuk Buat Mereka Tersenyum. “Mereka” disini adalah para anak yatim dan doeafa yang belum tersentuh oleh pelayanan sosial negara dan lembaga sosial lainnya, Orang-orang yang termarginalkan hak-hak sosialnya hanya karena tidak memiliki kelengkapan administrasi sebagai warga negara yang berujung pada ditolaknya mereka oleh birokrasi sosial dipemerintah maupun lembaga sosial yang ada.

Anak-anak Yatim dan Doeafa merupakan anugrah Allah SWT buat kita sebagai wasilah untuk bisa dekat kepada-Nya. Atas dasar itulah “PAY & Do IT!!” yang dilahirkan oleh BMT Cengkareng ini ada, sebagai wasilah antara para Dermawan dengan mereka yang masih ‘tertawan’ oleh keterbatasan yang dimiliki, Anak Yatim & Doeafa. Untuk itulah “PAY & Do IT!!” ada dengan segala keterbatasannya mencoba tuk berbagi kebaikan dengan mereka.

Gerakan awal “PAY & Do IT!!” dimotori oleh anak-anak muda (alumni GONTOR, UI, UNJ,UIN Jakarta, SEBI,BSI, dll) yang telah berkecimpung aktif sejak tahun 2006 dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat bawah melalui wadah bernama BMT Cengkareng (sebuah Lembaga Keuangan Mikro Syariah) yang berada di Cengkareng-Jakarta Barat.

Sejarah Singkat

PAY & Do IT!!” terinspirasi dari salah seorang investor BMT Cengkareng yang tengah bekerja di negeri Qatar. Sang Investor ini menyisihkan sebagian penghasilannya untuk menyantuni dan mengasuh ratusan anak yatim di Bandung. Melihat kedermawanan Sang Investor tersebut menginspirasi Nur Juli Zar untuk membuat sebuah FanPage di Facebook dengan tema “PAY (Pecinta Anak Yatim)” yang bertujuan untuk membangun wacana semangat berbagi anak negeri lewat media Facebook. FanPage ini ‘lahir’ Pada awal 2010.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak yang bergabung “ngeLIKE” FanPage tersebut dan menanyakan aksi nyata dari FanPage ini. Mendapat pertanyaan seperti itu, membuat Nur Juli Zar “tertantang” untuk berbuat nyata, bukan hanya membangun wacana. Maka bersama BMT Cengkareng yang dirintisnya, ia pun membuat kegiatan-kegiatan sosial berupa santunan (charity) dan menguploadnya di FanPage PAY dengan harapan bisa menginspirasi audiens FanPage tersebut untuk melakukan hal yang sama dilingkungannya.

Tak disangka, setelah penguploadan foto-foto kegiatan sosial, banyak dari audiens yang ingin ikut terlibat dalam aksi sosial yang diadakan, baik secara langsung terjun maupun dari jauh dengan menitipkan amanah donasi Buat Mereka Tersenyum. Yang tadinya hanya sekedar membangun wacana berbagi (sampingan) kini gerakan “PAY & Do IT!!” menjadi penyalur amanah berbagi anak negeri dari segala penjuru negeri dengan semangat BERBAGI TANPA BIROKRASI, BUAT MEREKA TERSENYUM, sehingga dituntut keseriusan (fokus) tuk menjalankan amanah ini, yang dibuktikan dengan pendirian yayasan dengan nama “Yayasan Pecinta Anak Yatim & Doeafa Indonesia Tercinta”

Alhamdulillah, kini “PAY & Do IT!!” dipercaya sebagai Sahabat Berbagi Indonesia bahkan dari mancanegara serta didukung oleh ratusan relawan yang berdedikasi tinggi, dengan tulusnya tanpa pamrih mendukung setiap kegiatan dan program sosial yang tersebar dibeberapa wilayah [Bengkulu, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Solo, Malang, Surabaya dan Samarinda].

Ribuan anak yatim dan doeafa telah rasakan sentuhan sayang gerakan ini, hal ini bisa dilihat di album kegiatan FanPage PAY.
Karena ‘lahir’ diawal 2010, maka bisa dikatakan gerakan “PAY & Do IT!!” jadi salah satu Pioner dan menginspirasi banyak anak negeri untuk melakukan hal serupa yaitu membangun gerakan berbagi berbasis Social Media terutama media Facebook dan Twitter, Alhamdulillah…