Tips Orangtua Membuat Anak Dekat dengan Al-Quran

tips orang tua agar anak dekat dengan alquran

tips orang tua agar anak dekat dengan alquran

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya agar menjadi anak yang sholeh/sholehah,siapa yang tidak ingin? Namun keinginan orang tua harus diikuti dengan sikap dan perilakunya. Kalau ingin anaknya sholeh/sholehah maka kita sebagai orang tua harus belajar juga bagaimana menjadi sholeh/sholehah, bisa? 🙂

Anak sholeh adalah investasi kita di dunia maupun akhirat, bayangkan jika kita meninggal dan anak kita tidak sholeh/sholehah. Siapa yang akan mendoakan kita sebagai orang tua? Nah, salah satu kriterianya adalah anak dekat dengan al-quran.

Disini ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh para orang tua agar anaknya dekat dengan al-quran :

Pertama, untuk para ibu yang masih mengandung. Usahakan membiasakan diri menghadiri pengajian atau majlis-majlis Al-Quran. Jangan lupa sambil mengaji sambil berdoa kepada Allah SWT agar diberikan anak yang sholeh dan dekat dengan al quran.

Kedua, untuk para ayah. Sebaiknya menguasai ilmu tajwid, tafsir dan sebagainya yang menyangkut ilmu al quran. Kalau memang tidak mampu, ajak anak menghadiri pengajian anak-anak atau membayar seorang usatad untuk mengajarkan anaknya belajar al-quran. Rasulullah bersabda dalam hadisnya ” Sebaik-baiknya kalian adalah mereka yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya,” (HR. Bukhari).

Ketiga, jika menginginkan anaknya mencintai al-quran maka orang tuanya pun harus mencintai al quran. Tiap hari bacalah al quran sehabis subuh. Jangan biarkan anak menonton tv saat magrib menjelang. Saat subuh juga usahakan membaca al quran agar saat anak bangun sudah terbiasa mendengarkan lantunan al-quran. Insyaallah lama kelamaan anak akan terbiasa dan mencintai al quran.

Keempat, sebelum berencana memiliki anak sebaiknya mulai mendidik diri sendiri agar mencintai Al-Quran. Pendidikan anak itu dimulai sebelum dia lahir bukan hanya setelah dia lahir.

Kelima, untuk yang belum menikah. Usahakan cari pasangan yang memang sudah cinta dengan Al-Quran dan keturunannya pun begitu. Karena pengaruhnya juga cukup besar untuk anak kita nanti.

 

Ibnu Mas’us r.a berkata, “Setiap pendidik suka jika ajarannya diikuti, dan pendidikan Allah ialah Al-Quran.”

Jadi, sudah siap menjadi orang tua yang cinta dengan al-quran begitupun anaknya???

Mau donasi untuk kegiatan PAY & Do IT ? Klik Rekening Donasi PAY | Yuk Kunjungi Album Kegiatan PAY
 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *