Memilihkan Teman yang Baik Untuk Anak

Memilihkan teman yang baik untuk anak

Memilihkan teman yang baik untuk anak

Dalam pergaulan anak, apakah boleh orang tua membatasinya? Orang tua tidak boleh terlalu membatasi pergaulan anak. Karena kepribadian anak akan menjadi tertutup dan ini berbahaya untuk ke depannya. Anak yang terlalu dibatasi oleh orang tuanya akan tidak luwes dalam bergaul sesama temannya. Pergaulan memang tidak dapat dicegah oleh siapapun.

Namun, ada yang harus digarisbawahi dalam hal ini. Tidak terlalu membatasi bukan berarti memberi kebebasan sepenuhnya kepada anak. Orang tua harus tahu karakter teman-temannya. Jika memang karakternya tidak baik, ingatkan sang anak untuk berhati-hati. Jangan menirunya. Perkenalkan sang anak dengan teman sebayanya yang memang kita tahu karakternya baik. Karena pergaulan termasuk salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kepribadian si anak. Banyak anak yang tadinya baik dan nurut dengan orangtuanya, setelah bergaul dengan teman yang salah malah menjadi tidak baik dan pembangkang. Tidak mau kan anak-anak kita seperti itu?

Ada sebuah pesan menarik terkait memilih teman dari Imam Ali Zainal Abidin kepada anaknya yang bernama Imam Muhammad Baqir. Berikut pesannya :

“Wahai anakku, hindariah berteman dengan 5 golongan manusia

1. Jangan berteman dengan seorang pembohong. Ia seperti khayalan yang akan memperdayamu, dia akan mengatakan dekat padahal itu sesuatu yang jauh

2. Jangan menjadikan orang yang suka bermaksiat dan melanggar sebagai temanmu, karena ia akan menjualmu semurah mungkin.

3. Jangan jadikan orang kikir dan pelit sebagai temanmu, karena ia tak akan membantumu saat engkau mengalami kesulitan

4. Jangan jadikan orang bodoh sebagai temanmu, kalau tidak, ia akan menyulitkanmu karena kebodohannya, besar kemungkinan, ia akan menimbulan kesulitan bagimu justru ketika bermaksud membantumu akibat tindaknya yang bodoh

5. Janganlah bersahabat dengan orang-orang yang merampas hak-hak saudaranya. Orang-orang semacam itu dijauhkan dari rahmat Allah Swt dan dikutuk masyarakat

Islam memang tidak hanya mengatur hubungan dengan Allah, namun juga hubungan sesama manusiapun Islam mengaturnya. Ada beberapa hadis nabi dan pesan dari ulama terkait memilih teman yang baik.

Dalam hadisnya, Nabi Muhammad Saw bersabda, “Seseorang mengikuti keimanan, jalan dan kebiasaan temannya.”

Imam Ali mengatakan, “Hindarilah menjalin hubungan persahabatan dengan orang-orang yang suka bermaksiat dan berlumuran dosa, karena kejahatan menciptakan kejahatan.”

Maka dari itu, sebagai orang tua, penting untuk menuntun si anak memilih teman dan membatasinya. Bukan melarang yaa, tapi membatasinya saja. Karena kalau dilarang bergaul akan mempengaruhi kepribadiannya. Karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan bantuan orang lain.

=================================================

Bagi pembaca yang ingin mendukung segala #ProgramPAY silahkan klik Rekening Donasi Pecinta Anak Yatim

Mau donasi untuk kegiatan PAY & Do IT ? Klik Rekening Donasi PAY | Yuk Kunjungi Album Kegiatan PAY
 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *