PAY dan RRI akan adakan Khitanan Gratis 100 Anak Yatim Doeafa se Jakarta Raya

 

Khitanan dan Sunatan Gratis Massal

Ayoo… Buat Mereka Tersehatkan

APA SAJA YANG HARUS DIPERSIAPKAN SEBELUM-SAAT-PASCA KHITAN?

Sunat atau khitan bagi laki-laki ialah memotong kulup (kulit) yang menutupi ujung zakar kemaluan laki-laki. Ini adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan orangtua yang beragama Islam pada anak laki-lakinya. Umur berapa khitan dilakukan tidak ada ketetapan syariat. Namun sebaiknya dilakukan sebelum sang anak menginjak usia baligh. Hal ini pun ditegaskan kembali dalam sebuah hadis, bahwa khitan merupakan sunnah rasul.

Diriwayatkan oleh Bukhari, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Perbuatan fitrah ada lima: KHITAN, mencukur rambut kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.”

Mengapa Pria Dianjurkan Untuk Khitan?

Tujuan Khitan (Sunat) Secara Syariah

  1. Tujuan utama syariah kenapa khitan itu disyariatkan adalah karena menghindari adanya najis pada anggota badan saat shalat. Karena, tidak sah shalat seseorang apabila ada najis yang melekat pada badannya.
  2. Mengikuti sunnah Rasulullah SAW.
  3. Mengikuti sunnah Nabi Ibrahim.

Manfaat Khitan Bagi Kesehatan

  1. Lebih higienis (sehat) karena lebih mudah membersihkan kemaluan (penis) daripada yang tidak khitan.
  2. Mengurangi risiko infeksi yang berasal dari transmisi seksual.
  3. Mencegah kanker penis (penile cancer).

Tips Persiapan Sebelum – Saat – Sesudah Khitan

  • Persiapan sebelum khitan
  1. Luruskan niat, bahwa khitan untuk menjalankan sunnah Rasul dan menyehatkan yang dikhitan.
  2. Tanyakan kepada sahabat dan kerabattempat khitan yang baik (sebaiknya Anda cari dokter yang biasa mengerjakan khitan).
  3. Sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.
  4. Jika ingin mengikuti khitanan massal, pastikan bahwa ada dokter penanggungjawab, sehingga jika ada masalah memudahkan Anda untuk berkoordinasi.
  • Persiapan saat khitan

Siapkan anak yang akan dikhitan secara fisik dan psikis. Berikan pengertian pada anak bahwa khitan ini adalah sunnah rasul dan baik untuk kesehatannya, sehingga saat proses dikhitan, anak sudah siap. Begitu pun dengan orangtua dan tenaga medis. Berikan penyuluhan tentang apa yang harus dilakukan orang tua saat proses dan pasca khitan. Kesiapan itu akan melancarkan proses khitan dan  penyembuhan sang anak.

  • Pasca khitan
  1. Hari pertama setelah dikhitan, sebaiknya anak disuruh beristirahat. Selanjutnya boleh bergerak seperti biasa.
  2. Orang tua harus mengontrol dan menjaga luka khitan agar tidak basah oleh air, hingga luka tersebut kering dan balutan dilepaskan.
  3. Pembalut diganti setiap tiga hari dan biasanya bertepatan dengan waktu kontrol yang ditetapkan oleh dokter.
  4. Selain perawatan luka, anak yang telah dikhitan juga dibekali dengan beberapa obat yang harus diminum. Ada antibiotik, penghilang rasa nyeri, obat anti peradangan dan vitamin. Pada keadaan tertentu tidak tertutup kemungkinan diberi obat lainnya.
  5. Anak yang dikhitan tidak harus mengenakan sarung, yang penting celana yang digunakan cukup longgar dan tidak menekan penis.
  6. Tidak perlu ada pantangan makanan bagi anak yang telah dikhitan. Hanya saja dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein untuk mempercepat penyembuhan.
  7. Dengan perawatan yang benar, luka khitan dapat sembuh sempurna dalam waktu sekitar 10-14 hari.
  8. Jika setelah khitan terjadi pendarahan yang tak kunjung berhenti segeralah hubungi dokter yang mengkhitan untuk mendapatkan pemeriksaan dan tindakan yang diperlukan.
  9. Selain pendarahan, pasca khitan memang terkadang muncul pula beberapa komplikasi berupa rasa nyeri, bengkak dan mungkin juga infeksi. Sebab itu orangtua harus memperhatikan dengan seksama pengarahan yang disampaikan pasca khitan dan menepati jadwal kontrol yang telah ditetapkan.

Begitu penting dan banyaknya manfaat yang diperoleh dari khitan, sayangnya biaya berkhitan tidaklah murah, minimal harus merogoh kocek Rp. 700.000,-/tindakan. Malangnya disekitar kita uang sebesar itu tidaklah sedikit, apalagi ditengah kelesuan ekonomi saat ini. Atas dasar itulah membuat PAY bersama RRI [Radio Republik Indonesia] bermaksud melaksanakan Khitanan Massal PAY GRATIS dengan target #100YatimDoeafa se Jakarta Raya yang berusia 4-15 tahun, pada:

Hari, Tanggal  :           Minggu, 27 September 2015
Waktu              :           09.00 s.d. selesai
Tempat            :           Auditorium Jusuf Ronodipuro Gedung Radio Republik Indonesia Lantai 2 Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat

Insya Allah, selain biaya khitan yang gratis, peserta khitan tidak akan mengeluarkan biaya sepeserpun karena transportasi antar jemput akan disediakan oleh panitia, malah mereka akan mendapatkan bingkisan menarik dan tumpengan syukuran dirumah mereka. Bagi anak yang masih bersekolah akan mendapatkan surat izin tidak masuk sekolah dari pihak penyelenggara.

Mengapa #AnakYatimDoeafa harus ikut acara ini?

Sebab PAY & RRI ingin membantu biaya khitan #AnakYatimDoeafa secara GRATIS, sehingga mereka menjadi muslim yang sehat, bersih dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW, agar ibadah yang dilakukan menjadi lebih terpelihara kesuciannya dan sah. Manfaat lainnya adalah silahturrahim sesama muslim melalui salah satu rangkaian kegiatan tahunan PAY dan momen ulang tahun RRI. Spesialnya lagi, akan ada acara hiburan dan bingkisan untuk #AnakYatimDoeafa yang mendaftar jadi peserta #KhitananMassalPAY.

Daftarkan segera #AnakYatimDoeafa di sekitar Anda (Pendaftaran paling lambat tanggal 12 September 2015) ke:

  1. Dedy – 0857 1465 5720 (Jakarta Utara, Jakarta Barat, Tangerang)
  2. Tari – 0877 8829 3550 (Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Bekasi)
  3. Meta – 0898 9907 982 (Jakarta Selatan, Depok, Tangerang Selatan)

Download FORMULIR PENDAFTARAN, KLIK >> disini

Mengapa Anda harus support/donasi untuk acara ini?

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama.”

Sebab surga begitu luas, maka PAY  juga ingin mengajak para dermawanesia untuk terlibat dalam #LadangAmal dengan berdonasi ke #REKdonPAY disini atau bisa lihat gambar diatas.

Donasi dalam bentuk #BingkisanPeserta, #Hadiah dapat menghubungi Ikrima – 0852 8400 1339.

Yang mau Download Proposal Khitanan Gratis PAY, KLIK >> disini

Mengapa Anda harus menjadi relawan untuk acara ini?

Sebab lingkaran kebaikan tak pernah berhenti, dan akan kembali lagi kepada kita. Maka dengan menjadi relawan #BuatMerekaTersehatkan dan tersenyum di acara #KhitananMassalPAY, sesungguhnya kita sedang memberi kebahagiaan bagi diri kita sendiri.

Meski hanya dengan menekan tombol SHARE dibawah ini, maka anda telah mendukung suksesnya acara sosial ini… Jazaakumullah..

[BACA : Daftar Menjadi Relawan Pecinta Anak Yatim]

Mari bersinergi dan berbagi dari apa yang kita miliki dan apa yang kita bisa!

Let’s PAY & Do IT!!
#BuatMerekaTersehatkan

 

Mau donasi untuk kegiatan PAY & Do IT ? Klik Rekening Donasi PAY | Yuk Kunjungi Album Kegiatan PAY
 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *